Teknik Pelaksanaan Bored Pile Dan Kelebihannya

Apakah anda ingin membangun sebuah kontruksi bangunan atau menyewa jasa tim lain untuk memenuhi melakukannya untuk anda, maka hal penting yang harus anda lakukan ialah mencari dan menentukan sedini mungkin tim dan teknik Bored Pile yang akan anda gunakan dalam membangun rumah, gedung, apartemen, kantor, basement, perluasan rumah, dan bangunan lainnya yang anda butuhkan. Bagus tidaknya hasil pondasi kontruksi bangunan anda nantinya sangat tergantung pada teknik pengeboran yang anda pilih sebagai dasar awal dalam membangun pondasi bangunan.

Bored Pile merupakan sesuatu yang memiliki bentuk menyerupai tabung yang terdiri dari berbagai macam campuran beton bertulang yang memiliki diameter tertentu. Bored Pile biasanya akan dipasang dalam permukaan tanah dengan menggunakan cara atau teknik pengeboran terkini hingga sampai pada kedalaman tanah yang tingkat kekerasan tanahnya bisa sesuai dengan kondisi tanah yang dibutuhkan untuk membangun pondasi dasar kontruksi dari sebuah bangunan. Pada dasarnya pemasangan Bored Pile mulai dilakukan dengan proses pembuatan lubang di bagian dalam permukaan tanah dengan teknik dimensi vertikal, ada 2 teknik pengeboran tanah, yaitu:

  • Teknik pengeboran bor basah/ wash boring
  • Teknik pengeboran bor kering/ dry boring

Mengenal Teknik Pelaksanaan Bored Pile

Langkah pertama ialah dengan melakukan pelubangan tanah dengan teknik Bored Pile. Pada metode bor basah, pengeboran harus dilakukan dengan menggunakan mata bor cross bit. Sedangkan untuk pengoboran dengan metode bor kering atau dry boring, tanah harus di bor dengan menggunakan mata bor berbentuk spiral secara berulang-ulang hingga sampai pada kedalaman yang dibutuhkan. setelahnya akan dilanjutkan dengan memasangkan instalasi besi fabrikasi yang telah dirangkai sejak awal. Fabrikasi besi dari bor pile memiliki bentuk bundar yang mengikuti pola atau bentuk dari lubang yang di bor, hal ini sangat berguna untuk memperoleh hasil daya dukung yang kuat dari pondasi dalam yang dibutuhkan bangunan. Pada tahap selanjutnya, anda bisa langsung melakukan pengecoran beton basah pada lubang pondasi pengeboran yang telah diinstal dengan fabrikasi besi sebelumnya.

Tips lainnya, ialah sebaiknya anda melakukan Bored Pile pada per satu lubang dan langsung diikuti dengan instalasi besi serta pengecoran agar hasilnya nanti lebih bagus. Pada proses pengecoran ini, apabila yang anda gunakan ialah teknik wash boring (bor basah), maka anda harus menggunakan pipa tremi sebagai penghantar beton. Pemasangan pipa tremi pada bor basah bertujuan agar tidak terjadi percampuran dengan lumpur limbah dari hasil pengeboran. Pipa tremi ini akan di isi dengan beton yang basah lalu akan diangkat secara perlahan hingga selesai sampai lubang bor telah terisi penuh oleh beton basah. Ini merupakan akhir dari tugas para tim Bored Pile, untuk selanjutnya tim lain harus menunggu hingga beton kering dan melanjutkan  ke tahap lainnya hingga Bor Pile siap digunakan sebagai pondasi sebuah kontruksi bangunan.

Kelebihan Bored Pile

  • Mesin Bored Pile mini crane memiliki desain plug and play sehingga bisa di bongkar pasang, hal ini sangat membantu dan memudahkan proses mobilisasi karena Bor Pile bisa diangkut dengan colt diesel truck
  • Mesin Bored Pile  bahkan bisa mengebor hingga kedalaman 30 meter
  • Mesin Bor Pile juga memiliki pilihan diameter, mulai dari 300 mm hingga 800 mm
  • Mesin Bor Pile juga tidak memiliki getaran kuat dan mengganggu bangunan yang ada disekelilingnya