Teknik Pelaksanaan Bore Pile Dan Kelebihannya

Pada kesempatan kali ini kami menawarkan jasa pondasi bore pile dan jasa strauss pile. Pada era modern sekarang ini, pondasi jenis bore pile dan strauss pile semakin diminati oleh banyak kalangan masyarakat khususnya yang mempunyai rencana untuk pembangunan pondasi rumah 2 lantai, 3 lantai atau lebih karena pengeboran bore pile dan strauss pile untuk memperkokoh suatu bangunan.

Jasa Pondasi Bore Pile adalah jenis pondasi dalam yang berbentuk tabung, yaitu berfungsi meneruskan beban struktur bangunan diatasnya dari permukaan tanah sampai lapisan tanah keras di bawahnya. Pondasi bore pile memiliki fungsi yang sama dengan pondasi tiang pancang atau pondasi dalam lainya.

Pondasi bore pile dan strauss pile diawali dari pembuatan lubang di tanah dengan cara tanah di bor terlebih dahulu kemudian penginstalan besi tulangan ke dalam lubang yang dilanjutkan dengan pengecoran bor pile dengan tremi

STRAUSS PILEKeunggulan jasa pondasi strauss pile :

  1. Alat yang ringkas dan modern bisa dibawa kemana saja.
  2. Tanpa mobilisasi karena alat ini hanya terdiri dari mata bor dan pipa pemutar yang bisa di angkut menggunakan kendaraan roda 2 saja.
  3. Bisa mengerjakan diameter 30 cm dan kedalaman sampai 6 meter di daerah sempit dan padat penduduk.
  4. Pengerjaan yang cepat dengan hasil memuaskan karena tenaga kami berpengalaman dibidang pengeboran strauss pile.
  5. Harga yang relatif murah bila dibandingkam dengan pondasi bore pile dan tiang pancang.

Keunggulan jasa pondasi bore pile :

  1. Pemasangan tidak menimbulkan gangguan suara dan getaran yang membahayakan bangunan sekitarnya.
  2. Mengurangi kebutuhan beton dan tulangan dowel pada pelat penutup tiang (pile cap).
  3. Kolom dapat secara langsung diletakkan di puncak bore pile.
  4. Kedalaman tiang dapat divariasikan.
  5. Bore pile dapat dipasang menembus batuan, sedang tiang pancang akan kesulitan bila pemancangan menembus lapisan batuan.
  6. Diameter tiang memungkinkan dibuat besar, bila perlu ujung bawah tiang dapat dibuat lebih besar guna mempertinggi kapasitas dukungnya.
  7. Tidak ada risiko kenaikan muka tanah.

PROSES PENGEBORAN JASA PONDASI BORE PILE

  1. Setting alat di titik pertama dan pembuatan bak sirkulasi.
  2. Setelah hal tersebut sudah siap maka pengeboran di lakukan dengan rotary drilling dynamo 20 PK, Pipa bor 3 meteran dia 2,5 inchi dan mata bor sesuai besar lubang yang di inginkan.
  3. Proses pengeboran di lakukan dengan memasukkan air dari bak sirkulasi yang di pompa dengan menggunakan pompa sedot 3 inchi ke dalam watersifel yang di alirkan ke dalam pipa bor 2,5 “ kemudian air akan ke luar pada ujung mata bor, air di gunakan untuk mempermudah proses pengeboran sebagai pelunak tanah.
  4. Setelah lubang di bor sesuai dengan design atau mencapai tanah keras maka lubang bor di bersihkan dari lumpur pekat atau gumpalan – gumpalan tanah dengan menggunakan tabung pembersih.
  5. Setelah lubang bersih maka besi tulangan dapat di masukkan ke dalam lubang dengan hati -hati dan di beri cetakan semen pada setiap sisi tulangan untuk menjaga posisi tulangan tidak bersentuhan pada dinding tanah.
  6. Kemudian proses pengecoran beton slump 16 – 18 cm ( sesuai dengan prosedur pengecoran bore pile) dapat di lakukan dengan terlebih dahulu memasukkan pipa tremi.

PROSES PENGEBORAN STRAUSS PILE

  1. Pengeboran dengan sistem bor kering / dry drilling : Tanah di bor dengan menggunakan mata bor spiral. Dengan cara memutar mata bor dan diangkat setiap interval 0,5meter. Hal ini dilakukan berulang-ulang sampai kedalaman yang ditentukan.
  2. Pengeboran dengan sistem bor basah / wash borring : Tanah di bor dengan menggunakan mata bor cross bit ex design sesuai kebutuhan yang memiliki kecepatan putar 375 rpm dan tekanan +/- 200 kg.
  3. Pembersihan lubang bor pile dari lumpur pekat yang terjadi. Pembersihan harus dilakukan dengan alat pembersih kusus dengan ukuran yang sesuai dengan diameter lubang bor.
  4. Pemasangan besi beton dan pipa tremi untuk pengecoran.
  5. Kerangka baja tulangan yang telah di instal diangkat dengan bantuan diesel dan power winch dalam posisi tegak lurus terhadap lubang bor dan diturunkan dengan hati-hati agar tidak terjadi banyak singgungan dengan lubang bor. Baja tulangan yang telah dimasukan dalam lubang bor ditahan dengan potongan tulangan melintang lubang bor.
  6. Setelah rangka baja tulangan terpasang, maka pipa tremi harus di masukkan kedalam lubang dengan panjang sesuai kedalaman lubang bor.
  7. Pekerjaan pengecoran bore pile ke dalam lubang bor.